ScoutOne Troop (Pramuka SMP Negeri 1 Cimahi)

Ditulis oleh Firman Ramadhani

Seperti yang sudah penulis tulis di pos sebelumnya, saat SMP penulis aktif di kegiatan kepramukaan,nah kali ini, penulis ingin menceritakan tentang Gudep Pramuka SMPN 1 Cimahi, let’s begin!

Gudep Pramuka SMP Negeri 1 Cimahi yang bernomor 02-029 dan 02-030 adalah salah satu dari sekian banyak Gudep Pramuka di Kota Cimahi. Ekskul ini juga, termasuk ekskul yang diunggulkan di SMPN 1 Cimahi karena seringkali mengharumkan nama SMPN 1 Cimahi, baik di tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan internasional pun pernah. (http://m.galamedianews.com/bandung-raya/27935/pramuka-salah-satu-unggulan-ekskul-smpn-1-cimahi.html)

Gudep SMPN 1 Cimahi, diberi nama ScoutOne Troops, dibimbing oleh salah satu pembina yang memiliki determinasi yaitu Kak Rahmat, ScoutOne mampu merebut kejuaraan pramuka beberapa kali, sudah tidak terhitung prestasi ScoutOne ini.

387320_2153504597779_2054605082_n

Ada yang menarik dari cara pendidikan Kak Rahmat ini, Anggota ScoutOne dilarang untuk berpacaran haha. Bahkan ada sidang khusus untuk yang pacaran. Dua orang yang pacaran dipanggil, dan diajak bicara didalam Sekre Pramuka bertiga dengan Ka Rahmat. Menurut penulis hal ini baik, untuk menghindarkan hal-hal yang diinginkan (maksudnya tidak diinginkan haha)

Pramuka ScoutOne melatih fisik anak-anaknya dengan berlari mengelilingi lapangan sambil bernyanyi, jangan dikira enteng, untuk anak SMP, berlari keliling lapangan dengan waktu cukup lama ditambah saat siang hari yang panasnya bukan main bukan hal enteng. (Pantes item-item ya). Tapi dengan begini, anggota ScoutOne tubuhnya bugar-bugar, dan kebanyakan emang pinter juga didalem kelasnya. Yang asalnya gendut jadi kurus ada, yang asalnya kurus jadi tulang doang juga ada (ini saya btw).

308125_2035505167867_184915039_n

Hal lainnya yang menarik adalah saat ScoutOne makan siang pas latihan dihari sabtu, Kita biasa beli bahan sendiri, masak sendiri, dan makan rame-rame dengan beralaskan daun atau plastik. Seru abis pokoknya, kekeluargaannya berasa banget haha.

Menurut saya, hal terpenting yang saya dapatkan dari ekskul pramuka ini adalah ;

  1. Manajemen Waktu. Pramuka ini latihannya sering banget, bahkan seringkali pulang malam kalau ada lomba dsb.
  2. Buang hal-hal yang ga terlalu penting untuk mencapai tujuan. Contohnya pacaran haha, ga penting bangetkan buat anak SMP? haha
  3. Kekeluargaan itu penting bro. Iya bener, kekeluargaan itu penting, dengan kekeluargaan yang erat kita bisa menggapai cita kita dengan lebih mudah, sama dengan kalimat yang sering kami teriakan saat demo ekskul “ScoutOne Troop! Together we can do anything
  4. Fisik dan Otak harus seimbang.
  5. Melatih jiwa kepemimpinan dan kemandirian. Yaiyalah, kalau kita nge-camp ga mandiri gimana bisa bertahan? haha.

Intinya, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada pembina dan teman-teman ScoutOne yang udah banyak memberi sumbangsih dalam hidup saya, tanpa kalian, saya gaakan seperti ini.

180216_194768267200382_2683736_n

ScoutOne! SETIA-SIAP-SEDIA

bonus demo ekskul ScoutOne tahun 2012 yang ada sayanya haha. (https://www.youtube.com/watch?v=Qy2KMUjHpK4) *Saya ke 6 dari depan pas masuk ya HEHEHE.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s