Review Day One : INTEGRASI ITB 2016

20160817_071318_PanoHari ini mahasiswa baru ITB 2016 melaksanakan INTEGRASI hari pertama. Maba diharuskan berkumpul jam 06.00 WIB pagi di ganesha, karena biar dapet parkir, aku berangkat pagi banget dan nyampe jam 05.30, dingin banget asli. Parkir di salman dan langsung menuju gerbang ganesha.

Digerbang dari jauh udah keliatan banyak kakak-kakak berbaju merah haha. Kakak-kakak ini sepertinya bertugas untuk mempercebat mobilitas maba dan tentu saja menegaskan perintah-perintah yang diberikan panitia agar terlaksana sebagaimana mestinya (contoh: tutup mata, tundukan kepala). Maba dimobilisasi ke lapangan sabuga, disana kakak-kakak mentor baik berpakaian biru muda sudah menanti.

Setiap kelompok yang terdiri dari berbagai fakultas, rata-rata berjumlah 24 orang per kelompok dibimbing oleh empat mentor. Mentor-mentor inilah yang memegang seperti tanda besar bertuliskan nomor kelompok agar mempermudah maba untuk mencari barisan kelompoknya. Setelah Maba dibariskan sedemikian rupa, upacara kemerdekaan Indonesia-pun dimulai.

Selesai upacara kemerdekaan ini, kita ada aksi beberapa unit di ITB, walaupun panas banget, Maba terlihat tetap antusias. penampilan paling menarik menurut saya adalah dari salah satu unit tari di ITB (gatau namanya). Penampilannya epic banget, kostumnya keren, dan irama sangat pas dengan tarian. Selesai itu ada pengajaran singkat tentang salam ganesha dari salah satu menteri kabinet nyala.

20160817_103504

Setelah selesai, Maba dimobilisasi ke daerah rerumputan disamping kanan-kiri gerbang ganesha. Disana Maba membuat lingkaran dengan mentor kelompoknya masing-masing, perkenalan diri sambil istirahatin kaki haha. Disini juga kita makan dan melaksanakan solat.

Setelah solat dan makan selesai, maba kembali dimobilisasi. Setiap kelompok memiliki tempantnya masing-masing, tapi kalau kelompok saya berlokasi di taman film. Disini kita dapet materi tentang empati dan diberikan tugas observasi untuk berdiskusi dengan warga sekitar perihal masalah-masalah yang ada. Kalau kelompok saya berdiskusi dengan petugas parkir baltos, orangnya sangat ikhlas , mungkin karakter dia steady haha.

1471433805064

Beres observasi dan solat, kita balik ke taman film dan ada materi baru lagi dari mentor, yaitu PKM. Ternyata PKM ITB kurang diunggulkan di Indonesia, mungkin oleh sebab itu, Maba tahun ini diberikan materi tentang PKM untuk mendongkrak antusiasme dan prestasi Maba di bidang PKM ini kedepannya.

Overall, I think today activities succed to educate Maba to have more empathy. These also help us to know about PKM, made me interested to try compete in PKM Competion in the future.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s