Identifikasi Masalah dengan Metode Fish Bone

Hari sabtu kemarin (malam sabtu?) , saya mengikuti kegiatan pelatihan bernama candradimuka yang diadakan oleh kabinet nyala KM-ITB. Candradimuka adalah sebuah kegiatan yang mewadahi pengembangan karakter dalam bidang keorganisasian dan kepemimpinan. Dikesempatan itu, pematerinya adalah kang Adli sebagai menteri KOKESMA Kabinet Nyala ITB. Hal yang dibahas menurut saya adalah hal yang fundamental dalam berorganisasi, oleh karena itulah hal ini penting untuk diketahui.

“Fish Bone, hah tulang ikan ?” Hahaha, bukan temen-temen Fish Bone disini hanya analogi saja untuk menggambarkan suatu metode identifikasi permasalahan yang ada disekitar kita. “Kaya gimana tuh metodenya? okey, yuk kita bahas!

fish-bone

(Skema Fish Bone )

Dalam metode fish bone suatu masalah dipecah menjadi beberapa sumber masalah, berdasarkan contoh diatas suatu permasalahan dibagi menjadi empat jenis sumber masalah fundamental, yaitu; keuangan, akademik, spiritual, dan ruang gerak/fasilitas. Perlu digarisbawahi, jenis-jenis akar masalah diatas sifatnya tidak mutlak untuk setiap permasalahan, contohnya jika permasalah berada pada bidang manufaktur bisa dirubah menjadi ; manusia, proses, produk, dan lingkungan. Pengambilan sampel akar masalah diatas untuk memudahkan penjelasan selanjutnya, karena contoh yang diberikan selanjutnya akan cocok bila digabungkan dengan jenis-jenis tersebut.

Untuk mempermudah penjelasan selanjutnya, yuk kita langsung mencoba !

Diberikan suatu masalah ;

Dono adalah salah satu mahasiswa jurusan teknik informatika di salah satu universitas di Bandung. Sudah lima hari berturut-turut Dono tidak menghadiri perkuliahan. Teman-temannya bingung bukan kepalang, bagaimana teman-temannya merumuskan akar permasalahan yang terjadi ?

Masalah : Dono tidak hadir kuliah selama lima hari berturut-turut

Keuangan : -Bisa jadi Dono tidak kuliah karena mencari uang untuk makan keluarganya.

                        -Bisa jadi Dono tidak kuliah karena tidak punya ongkos

Spiritual    : -Bisa jadi Dono tidak kuliah karena kecanduan game online

                       -Bisa jadi Dono tidak kuliah karena merasa tidak dapat mengejar materi perkuliahan sehingga frustasi

Akademik  : -Bisa jadi materi perkuliahan yang diajarkan, Dono anggap tidak penting .

Fasilitas      : –

*Selain contoh-contoh diatas, mungkin teman-teman bisa menambahkan atau mengoreksi apa yang saya tulis, hal ini saya anggap wajar, karena semua paradigma manusia itu unik hehe.

Nah dari contoh diatas, terlihat bahwa akar permasalahan “Dono tidak masuk kuliah 5 hari berturut-turut” bisa jadi terdapat pada lebih dari satu jenis permasalahan. Dari akar-akar permasalahan tersebut, kita bisa membaginya lagi menjadi akar permasalahan yang lebih fundamental. misalnya Dono ternyata tidak hadir karena kecanduan game online, kecanduan game online bisa disebabkan; 1. Bergaul dengan teman-teman pecandu game lainnya, 2. Pelarian stress beban akademik, 3. Spesifikasi laptop yang memadai dll.

Setelah kita mengetahui akar permasalahan yang benar-benar dasar, barulah kita dapat merumuskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya “Dono tidak hadir 5 hari berturut-turut karena kecanduan game, kecanduan game karena spesifikasi laptopnya yang memadai.” maka solusi yang didapat adalah dengan membuat orangtua Dono menyimpan laptop Dono, ataupun membuat spesifikasi laptop Dono lebih rendah sehingga Dono tidak bisa bermain game.

Dengan tulisan ini, saya harap dapat menambah pengetahuan teman-teman semuanya dan memudahkan teman-teman dalam mengkaji akar suatu permasalahan yang ada. Ilmunya jangan disimpan sendiri, intinya like and share ! hehe.

SEE YOU ON TOP!

DREAM BIG

FIRMAN RAMADHANI

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s