Citra visual organisasi

Pencitraan

Percitraan, Apa yang terlintas pertama di pikiran teman-teman semua ? Apakah hal negatif ?  Jika iya, maka teman-teman sebaiknya membaca pengertian pencitraan berikut ini:

Pencitraan adalah proses memperkuat identitas objek yang dicitrakan (organisasi, individu, kelompok, brand, dll)

Citra negatif dari kata “pencitraan” sebenarnya muncul saat World War II, saat kedua belah pihak saling membuat propaganda-propaganda tertentu, yang berisi pencitraan, untuk menarik para pria menjadi serdadu perang saat itu.

pencitraan

(Poster recruiting US pada WW II)

Pencitraan dalam bahasa inggris disebut branding berbeda dengan pemasaran atau marketing. Pencitraan (branding) bersifat strategic, advocates, dan, berlandaskan value. sedangkan pemasaran (marketing) berdasarkan tactical,  activates, dan profit. Mari kita jelaskan satu-persatu;

  1. Strategic artinya mengandalkan strategi, strategi bersifat long term dan menyeluruh sedangkan tactical bersifat sementara (menyesuaikan keadaan) dan mencakup sebagian kecil dalam sebuah organisasi.
  2. Advocates artinya menularkan secara perlahan, sedangkan Activate menyebarkan secepat mungkin.
  3. Value artinya suatu nilai yang ingin dibawa, sedangkan profit adalah keuntungan semata.

Elemen dasar pencitraan 

Branding, dalam melakukan pencitraan, branding sangatlah penting. Kesuksesan branding menentukan kesuksesan pencitraan itu sendiri. Salah satu cara branding adalah dengan menggunakan logo. Logo terbagi menjadi tiga, yaitu: Standalone Symbol (seperti nike di sepatu), Wordmark (Ebay), dan Combimark (Walls).

Dalam penyampaian pencitraan maka kita diharuskan menyampaikan nilai-nilai agar kelompok, perusahaan, atau individu tercitrakan dengan nilai-nilai tersebut. Agar nilai-nilai tersebut mudah terserap dan terkesan menarik, maka salah satu faktor penting adalah key colors and differential.

key colors and differential adalah pemanfaatan warna untuk penyampaian nilai-nilai atau ajakan tertentu. Setiap warna memiliki kekuatan untuk mempengaruhi alam bawah sadar manusia, contohnya warna kuning untuk penambah nafsu makan, coklat untuk meningkatkan rasa nyaman, hitam dan putih yang bersifat netral, biru yang menekankan kepercayaan atau safety.

Jika kalian mampu mengidentifikasi logo-logo dengan baik, maka kalian akan menemukan banyak logo perusahaan makanan berwarna kuning, sama halnya dengan logo bank yang kebanyakan berwarna biru. Kalian juga bisa mengamati kenapa lampu Mcd berwarna putih terang, hal ini untuk menimbulkan ketidak nyamanan agar pembeli cepat-cepat pergi setelah membeli ditempat, berkebalikan dengan restoran-restoran mewah yang redup dan terkadang lampu berwarna kecoklatan, hal ini untuk menumbuhkan kenyamanan dan tamu bisa lebih lama berada di restauran.

Bentuk huruf juga sangat berpengaruh, dalam membuat publikasi (poster dll) sebuah acara adabaiknya menggunakan satu typeface tulisan primer (judul dll), dan satu untuk tulisan sekunder  (konten). Diharapkan semua bentuk publikasi haruslah konsisten dengan unsur-unsur pencitraannya, agar ketika publik melihat sekilas poster atau publikasi lainnya, publik langsung bisa menebak pembuat poster tersebut.

Propaganda

Dalam pencitraan, ada juga yang disebut propaganda. Propaganda adalah bagaimana mengarahkan opini publik ke suatu opini.

Macam-macam teknik propaganda

  1. Name calling
  2. Glittering generality
  3. Transfer
  4. Testimonial
  5. Plain folks (mengambing hitamkan sesuatu)
  6. Card stacking ( efek domino)
  7. bandwagon

if you have questions, feel free to ask me on wordpress, see you!

DREAM BIG

FIRMAN RAMADHANI

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s