Berbagi itu indah : Kota Cimahi

407599

Beberapa hari terakhir, saya dan teman-teman dari paguyuban cimahi ITB mengadakan roadshow ke beberapa SMA dan SMK di Kota Cimahi. Dalam sehari, terkadang kami mengunjungi satu atau dua sekolah. Sebenarnya, roadshow ini sedikit kurang persiapan, namun berkat improvisasi yang mantep dari temen-temen paguyuban, alhamdulillah roadshow berlajan baik walaupun ada beberapa hal yang tidak sesuai rencana hehe. Untuk saya pribadi, pengalaman yang saya dapatkan selama berkunjung ke sekolah-sekolah di Kota Cimahi, merupakan pengalaman berbagi yang tidak akan pernah saya lupakan.

Saat roadshow, biasanya kami membagi kelompok menjadi dua orang-dua orang perkelasnya. Hal-hal yang dibicarakan antara lain mengenai fakultas dan jurusan di ITB, jalur masuk ke ITB, dan beasiswa yang ada di ITB. Namun, ada pula sekolah yang memberikan tempat di ruangan yang cukup besar (Aula) bagi kami untuk sosialisasi. Namun, konten yang kami berikan tetaplah sama.

Sebagai sebuah kota yang cukup maju, dan terlebih berada disebelah Kota Bandung, saya sempat berpikir bahwa sekolah-sekolah di Kota Cimahi pastilah sudah mengenal Institut Teknologi Bandung dengan baik, anak-anaknya pastilah bersemangat untuk kuliah, dan memiliki cita-cita yang tinggi. Namun, setelah saya melakukan roadshow di beberapa sekolah, pikiran saya tersebut tergoyahkan.

Ternyata masih banyak loh siswa-siswi SMA/SMK yang akan lulus 2017 ini, yang belum memikirkan apa yang bakal mereka lakukan setelah lulus nanti, ataupun jika sudah memilih akan berkuliah, masih banyak loh yang belum tau bakal memilih bidang keilmuan yang mana, masih banyak loh yang berpikir kalau masuk Institut Teknologi Bandung itu merupakan hal yang mustahil, dan ada pula, yang sudah memiliki mimpi untuk bersekolah di ITB, namun karena merasa akan membebani kedua orangtua, maka ia memilih mengubur mimpinya tersebut dan ingin lanjut berkerja.

Inilah realitasnya, inilah potret nyata siswa-siswi yang mengenyam pendidikan disebuah Kota yang terkesan cukup maju dan terletak tepat disebelah Ibukota Jawa Barat. Melihat kenyataan ini, saya dan teman-teman paguyuban semakin bersemangat untuk dapat setidaknya memberikan secercah harapan bagi mereka melalui roadshow ini, harapan besarnya, kami mampu merubah mindset “Ah santai aja, kuliah dimana aja, jurusan apa aja, yang penting kuliah dan nanti dapet kerja” menjadi  “Saya tau kuliah itu penting, dan saya akan mengejar jurusan X karena itu merupakan minat saya”,”Saya gak mungkin masuk ITB, sekolah saya gak favorit, dan alumninya saja yang di ITB gaada, mustahil banget” menjadi “Saya mampu dan saya bisa, sekolah dan alumni hanya faktor pendukung, hal besar yang menentukan adalah diri saya sendiri”, dan  yang asalnya berfikir “Kuliah di perguruan tinggi mahal, apalagi di ITB, keluarga saya tidak mampu, saya lebih baik membantu kedua orang tua saya untuk berkerja” menjadi “Sekarang saya tahu bahwa kuliah di ITB itu biaya tidak akan menjadi masalah dan tidak akan membebani kedua orangtua saya, saya akan berusaha agar bisa diterima di ITB, dan ketika lulus nanti menjadi orang yang mengangkat ekonomi keluarga”, itulah harapan kami.

Saya memiliki sebuah pesan bagi temen-temen yang sempat kami kunjungi dan membaca tulisan ini,

saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Mata yang berbinar, suasana yang hangat, dan pertanyaan-pertanyaan yang penuh antusias yang kalian lontarkan merupakan kesan yang manis bagi kami. Sesungguhnya bukan kami yang mengajari kalian, namun kalianlah yang mengajari kami untuk membuka mata kami, kalian pula yang mengajari kami, bahwa berbagi bisa semanis ini. Saya doakan kalian semua dapat menggapai apa yang kalian cita-citakan. Kami, paguyuban cimahi Institut Teknologi Bandung, menunggu kalian untuk menginjakan kaki di kampus perjuangan ITB.

Salam,

Demi Tuhan, Bangsa, dan Almamater

 

DREAM BIG

Firman Ramadhani

Cimahi

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s