IND(O N E)SIA

Indonesia negeri yang makmur dan kaya akan sumber daya, gemah ripah loh jinawi. Merupakan archipelago yang luar biasa besar, terbentang dari sabang sampai merauke dengan lautan yang sangatlah luas. Terdiri dari lebih dari 300 ethnic, 1158 bahasa daerah, dan 1340 suku bangsa. Sungguh rakyat indonesia seharusnya tersadar betapa besar anugrah yang sudah diberikan oleh tuhan kepada kita.

orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman.” – koesploes

Penggalan lirik koesploes dari lagu berjudul kolam susu memang benar adanya. Tancapkanlah sebatang kayu singkong di perkaranganmu, akar yang menjadi pondasi tegaknya sebuah tanaman akan muncul, begitu pula daun-daun hijau muda akan tumbuh. Hati manusia tidak ada bedanya dengan tanah, tancapkanlah rasa persatuan dan kesatuan, toleransi yang cerdas, serta nasionalisme, dengan modal anugrah tuhan tadi, Indonesia yang swasembada pangan akan segara muncul, Indonesia yang memiliki ketahanan energi akan muncul, dan Indonesia yang jaya akan muncul!

Belakangan ini kita terbiaskan dengan berbagai permasalahan bangsa yang menjauhkan kita dari tujuan bangsa. Konflik-konflik yang semestinya tidak perlu ada. Konflik-konflik tersebut sunggulah menyita raga dan pikiran rakyat Indonesia sendiri. Apa jadinya jika energi-energi tadi disalurkan menjadi usaha-usaha mencapai kejayaan Indonesia?

“Jika kau ingin berjalan cepat, berjalanlah sendiri. Namun jika kau ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama”

Kita sebagai sebuah bangsa mestinya berfokus secara bersama-sama untuk memakmurkan bangsa. Berkerja giat dan tepat menyelesaikan permasalahan yang ada. Namun berkerja keras dan cerdaspun tak akan bisa jika sendiri. Kita perlu berkolaborasi dan bersinergi untuk mencapai visi Indonesia yang makmur.

“Jika minyak dan air takan bisa bergabung karena perbedaan keyakinan dan idealisme namun memutuskan untuk berada pada satu wadah, itulah kolaborasi. Jika minyak dan air tadi berada pada satu wadah dan mengalir seperti sungai dengan tujuan yang sama, itulah sinergisasi. Itulah yang dibutuhkan Indonesia, kolaborasi dan sinergisasi!” – Penulis

Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945. Kala itu para pendiri bangsa mencurahkan raga dan pikiran dengan sekuat tenaga untuk mempersatukan Indonesia. Bagaimana hebatnya orang-orang terdahulu, mempersatukan orang-orang dari daerah-daerah yang berbeda menjadi bertumpah darah satu, tanah Indonesia? Bagaimana besarnya orang-orang terdahulu, mempersatukan lebih dari 1340 suku bangsa untuk menjadi sebuah bangsa, bangsa Indonesia? Bagaimana cerdasnya orang-orang terdahulu, bisa membuat berjuta-juta manusia yang memiliki bahasa daerah berbeda, merumuskan sebuah bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Kita diwariskan sebuah kondisi yang merupakan hasil dari keringat darah para pejuang dan pendiri bangsa, tidakkah kita harusnya memiliki keinginan untuk menjaganya?

Ada yang berpendapat bahwa Indonesia dahulu bersatu karena memiliki common enemy yaitu penjajah sehingga bisa dipersatukan. Sekarang kita juga punya! Memang musuh bersama yang kita punya sekarang tidaklah jelas terlihat dengan kasat mata, tapi bukan berarti tidak ada. Kemiskinan, ketidak merataan pendidikan, kesenjangan sosial, sempitnya lapangan pekerjaan, dan perpecahan merupakan common enemy yang harus kita lawan bersama-sama! Tidakkah kita dapat melihat bahwa kita memiliki common enermy yang lebih berbahaya ?

Ada juga yang berpendapat bahwa Indonesia dahulu bersatu karena memiliki common interest, keinginan untuk merdeka! Tidak cukup jelaskah bagi kita semua bahwa Indonesia belum seutuhnya merdeka? memang kita sudah memiliki wilayah, rakyat, pemerintah yang berdaulat, dan pengakuan negara lain, berarti kita sudah merdeka? memang betul, namun hanya merdeka secara konstitusional!

Marilah kita bergerak, mulai dari diri kita sendiri untuk mulai berkolaborasi dan bersinergisasi dalam perbedaan. Marilah bersama-sama kita memajukan Indonsia sesuai dengan keahlian masing-masing untuk menjadi Indonesia yang makmur dan jaya. Marilah kita buat penggalan kata gemah ripah loh jinawi yaitu Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah dapat bergabung dengan toto tentrem kerto raharjo yaitu keadaan yang tentram sehingga kita bisa berfokus memajukan bangsa ini tentunya dengan bersinergi. Yang terpenting, marilah kita berdoa untuk kemajuan Indonesia, karena tanpa keridhaan zat yang Maha Kuasa, segala yang kita usahakan hanyalah angan belaka.

 

Sekian dari saya,

Seseorang yang rindu kejayaan walaupun belum sempat dipertemukan.

Firman Ramadhani

 

SEE YOU ON TOP!

DREAM BIG

 

sumber gambar bendera merah putih : https://hqeemstamps.wordpress.com/2016/09/14/garuda-merah-putih/

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s